MENEGUK SEGARNYA KESUKSESAN DARI BISNIS ES PISANG IJO PALING ENAK

AWI2013Dadang Sugianto –Tabloid BO Edisi Januari 14 : Dengan semangat membawa minuman khas dari kampung halamannya, M. Hijrah Dahlan sukses merajai pasar es pisang ijo. Ia mengakui rahasia es buatannya itu terletak pada keaslian bahan baku yang ‘diimport’ langsung dari Makassar.Seperti apa segarnya kesuksesan Dahlan?Dulu bagi penduduk Makassar es pisang ijo merupakan minuman khas daerah yang hanya bias dinikmati pada bulan Ramadhan. Namun, seiring berjalannya waktu  kini dimana pun dan kapan pun bisa kita jumpai dan nikmati segarnya minuman tersebut. Salah satu pebisnis yang menyajikan minuman ini adalah M. Hijrah Dahlan.

Ditahun 2010 Dahlan memulai langkahnya di dunia bisnis  dan ia pun langsung memilih es pisang ijo sebagai pelabuhan bisnisnya dikarenakan, saat itu ia terpancing ketika melihat pebisnis yang lebih dulu menjual es pisang ijo bukan berasal dari provinsi asalnya minuman tersebut. Dahlan merasa tertantang sebagai putra asli Makassar  untuk bisa menjajal menjual es yang bahan dasar pisang tersebut.

Dahlan mengawali petualangan bisnisnya dengan membuka outlet pertama di jalan balai pustaka raya no 26 rawamangun Jakarta timur, dengan menggunakan nama Es Pisang Ijo Paling Enak. “Mulanya di tempat ini kami masih pake gerobak belum konsep resto seperti sekarang. Lambat laun bisnis es pisang ijo ini mulai berkembang , yang tadinya hanya 1 gerobak, tambah jadi 2 gerobak. Lalu setelah itu  muncullah ide untuk mengubah konsep bisnisnya menjadi system kemitraan. Hanya dalam waktu 3 – 4 bulan setelah bisnis ini berdiri kami sudah langsung punya mitra pertama, yakni mitra daerah Jakarta utara yang masih aktif sampai sekarang,”papar Dahlan.

Lebih jauh Dahlan memaparkan, ternyata konsep bisnis terus berkembang. Mulai banyak mitra yang ingin bergabung dengan brand Es Pisang Ijo Paling Enak miliknya itu. Dahlan mengakui menerut catatannya yang teregistrasi ada sekitar hamper 200 mitra yang bergabung. Jumlah mitranya itu tersebar di Jabodetabek, Kalimantan dan Sulawesi.
Ketika ditanyakan rahasia dari nikmatnya es pisang ijo miliknya itu, Dahlan pun tidak sungkan untuk membeberkannya. Dahlan mengakui rahasianya terletak pada menjaga keaslian  es pisang ijo yang sesuai dari Makassar. Menurutnya karena pebisnis yang lebih dulu menjual es pisang ijo ini tidak berasal dari Makassar, mereka pun tidak tahu secara rinci tentang keaslian bahan bakunya.

“Untuk pisangnya, kami menggunakan pisang raja, karena aslinya es pisang ijo itu menggunakan pisang raja. Saya melihat es pisang ijo yang lain itu banyak yang tidak menggunakan pisang raja bahkan terkadang pisangnya tidak matang atau masih mentah,” ujar Dahlan.
Lalu yang kedua, lanjut Dahlan, bubur sumsum yang ia gunakan lebih kental dari es pisang ijo lainnya. Tekstur kulit lapisan untuk pisangnya pun lebih lembut, di tambah lagi ia menggunakan sirup DHT yang di import langsung dari Makassar. “Kalau di Makassar itu aslinya memang es pisang ijo menggunakan sirup itu. Jadi untuk bahan baku semuanya kita memang asli Makassar,” tutur Dahlan.

Sejak awal ia berjualan sampai sekarang sudah banyak varian produk yang Dahlan ciptakan. Sudah ada lebih dari 10 menu yang Es Pisang Ijo Paling Enak ini sajikan. Selain es pisang ijo dengan berbagai macam jenis topping, Dahlan juga menyajikan es kacang merah, kudapan jalagkote dan makanan dan minuman khas Makassar lainnya.
Harga yang di bandrol untuk menikmati segarnya es pisang ijo ini cukup bervariasi, tergantung topping yang dipilih. Untuk yang paling murah, yakni original di hargai Rp. 9.000 per porsinya. Namun Dahlan memberikan kebebasan kepada mitra-mitranya  untuk memasang harga jualnya. Berapapun harga yang ingin dibandrol dipersilahkan, tapi Dahlan memberikan batas minimum harga agar tidak merusak pasar. “Mereka bebas memasang harga  berapa saja, tetapi ada batasan harga minimum yang kita patok. Karena kalo mereka menjual lebih rendah dari harga yang dipatok akan merusak pasar. Sebaliknya jika mereka jual lebih tinggi kemudian dia kehilangan pelanggannya itu resiko mereka. Jadi terserah mereka jika mereka optimis, “tukas Dahlan.

IMG_20140122_112634Terkait kemitraan yang ia tawarkan, Dahlan membuka 2 jenis kerjasama yang perbedaannya  pada lokasi sang calon mitra. Pertama jika calon mitra berasal dari jabodetabek, tersedia paket investasi sebesar 5 juta rupiah, akan mendapatkan gerobak . Sedangkan untuk paket kedua untuk diluar Jabodetabek berbeda, karena ia tidak bisa mengirim bahan jadinya, otomatis mitra harus memproduksi dulu bahan bakunya  hingga menjadi es pisang ijo  siap jual. Berdasarkan hal tersebut aka nada biaya tambahan untuk alat produksinya. “Tetapi untuk biaya pengiriman  bahan bakunya akan kami tanggung, kecuali Aceh dan Papua. Selain itu kami juga tidak bisa untuk mengirim gerobaknya, sehingga mereka yang diluar daerah harus buat sendiri gerobaknya dengan ukuran dan design yang sama persis  dengan pusat, “Papar Dahlan.

Rata-rata mitra yang sudah bergabung dengannya bisa menjual 40 – 50 porsi perhari. Tetapi menurutnya itu tergantung tempatnya. Seperti pengakuannya gerobak yang ia kelola langsung di  daerah Sunan Giri rata-rata bisa menjual 60 – 70 porsi per hari, bahkan pernah mencapai 90 porsi per hari.

Margin yang diberikan untuk mitra adalah 40%. Tetapi margin itu merupakan dari harga minimum yang dipatoknya. Seandainya mitra mau mendapatkan margin yang lebih besar, mereka dapat menaikkan harga jualnya. Selain itu juga , 40% itu merupakan margin untuk es pisang ijo original, nah untuk topping mitra bisa mendapatkan lagi, karena dari topping itu memiiki keuntungan  tambahan yang berbeda-beda.

“Perbedaan harga jual yang sangat signifikan adalah mitra kami di BSD, karena dia jual di Mall yang ramai pengunjungnya dia memasang harga yang original Rp. 17 ribu per porsinya. Dengan harga sebesar itu di hari sabtu dan minggu  dia tetap bisa menjual  60 porsi per harinya. Jadi ini yang saya bilang dijual dipinggir jalan laku, di Mall juga laku,” Pungkasnya.

Anugrah Wirausaha Indonesia 2013, berdasarkan kesuksesan yang telah di Dahlan raih, ia pun terpilih sebagai penerima  penghargaan Anugerah Wirausaha Indonesia 2013.Untuk pendaftaran kemitraan silahkan menghubungi saudara surya di no 085693495903.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s