Jalangkote Jajanan Khas Makassar yang Nikmat

Orang Makassar mana yang tidak mengenal jajanan ini? Gorengan gurih bernama jalangkote’, jajanan khas kota Makassar. Hampir mirip pastel atau panada dari Menado. Bedanya jalangkote’ ini rasanya lebih garing di gigitan. Jalang kote’ sering dijajakan penjaja keliling. Penjaja-nya biasanya anak-anak yang berjalan dari rumah ke rumah. Mereka menjajakan jalang kote’ di keranjang anyaman bambu sambil berteriak “jalaaaaaang koteeeeeee…..!!!”. Daeng si tukang becak yang sedang jahil atau pun orang iseng yang tidak ingin membeli biasanya menjawab, “Tena doe’ !!!” (tidak ada uang). Penganan kecil ini sangat populer dan digemari banyak orang. Penjualnya memasuki halaman rumah petak sederhana sampai ke rumah-rumah gedongan seperti jejeran rumah mentereng dekat Pantai Losari di jalan Haji Bau, tempat kediaman mantan Wapres Jusuf Kalla.

Saya sendiri sangat menyukai jajanan ini. Rasanya sangat gurih, garing, sungguh nikmat disantap hangat. Namun disantap dingin pun tetap enak.

Kombinasi antara rasa kulit yang renyah, sedikit crispy betul-betul maknyus meresap dengan kelezatan isinya yaitu macam-macam sayuran, kentang, daging, telor rebus, mie/mihun. Sangat cocok disantap dengan saus cuka pedes. Rasa pedes ini membuat si penikmat ingin tambah dan tambah lagi. (kolomkita.detik.com)

Penasaran? silahkan pesan di No 021-4894133.

2 thoughts on “Jalangkote Jajanan Khas Makassar yang Nikmat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s